Pernak-pernik HUT TNI, dari Momen Saling Menyuapi hingga Perpanjangan SIM Gratis

Pernak-pernik HUT TNI, dari Momen Saling Menyuapi hingga Perpanjangan SIM Gratis

KOMPAS.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar upacara parade dan defile dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 TNI di Taxi Way Echo, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/20/2019).

HUT TNI kali ini mengangkat tema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.Acara peringatan HUT sendiri dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Momen peringatan HUT TNI kali ini terasa lebih spesial karena adanya atensi lebih dari instansi atau lembaga terkait lainnya.

Berikut Kompas.com merangkumnya untuk Anda:

1.  Polri gratiskan perpanjangan SIM bagi anggota TNI aktif

Perpanjangan sim gratis

Diberitakan Kompas.com (4/10/2019), Polri menggratiskan biaya bagi para anggota TNI aktif yang akan melakukan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Hal itu dilakukan dalam rangka HUT ke-74 TNI yang jatuh pada hari ini.

Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan program perpanjangan SIM gratis ini merupakan program Polri bagi anggota TNI aktif.

“( Perpanjangan SIM bisa dilakukan) di lokasi upacara HUT TNI did aerahnya masing-masing dan berkoordinasi dengan BNI dan BRI untuk pembayaran,” ujarnya seperti diberitakan Kompas.com, Jumat.

Untuk diketahui, ada dua bank dalam negeri yakni BNI dan BRI yang diajak kerja sama dengan Polri dalam proses perpanjangan SIM tersebut. Selain itu, SIM yang diperbolehkan hanyalah SIM A dan C saja. Program ini diharapkan dapat lebih memperkuat sinergi antara TNI-Polri sebagai unsur keamanan negara.

2. Polda Jatim kirim 660 tumpeng ke markas TNI di seluruh Jatim

Polda Jatim kirim 660 tumpeng ke markas TNI di seluruh Jatim

Tak hanya memberikan program perpanjangan SIM gratis saja, Polri dalam hal ini Polda Jawa Timur juga turut memberikan sebuah kado bagi para prajurit TNI. Kado tersebut adalah nasi tumpeng sebanyak 660 yang diberikan oleh jajaran dari tingkat Polsek hingga Polda Jatim.

Jajaran Polsek memberikan nasi tumpeng ke markas Komando Rayon Militer (Koramil). Lalu, Polres memberikannya ke markas Komando Resor Militer (Korem). Kemudian, Polda Jatim memberikan nasi tumpeng ke markas Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya di Surabaya.

Tumpeng tersebut diberikan kepada para anggota TNI sebagai wujud ucapan terima kasih dari Polri atas kebersamaan dalam menjaga situasi keamanan di Jawa Timur.

3. Kue ulang tahun dari Polres Polewali Mandar

Kue ulang tahun dari Polres Polewali Mandar

Kejutan juga datang dari Polres Polewali Mandar (Polman). Sebuah kue ulang tahun diberikan oleh Kapolres Polewali Mandar (Polman) AKBP Muh Rifai untuk Kodim/1402 Polewali Mamasa (Polmas) pada Jumat (4/10/2019). Kapolres datang dengan menggunakan sepeda bersama rombongan.

Hal itu lantas mengejutkan para anggota Kodim yang tengah menyiapkan acara puncak hari jadi TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2019. Rombongan yang datang bersama Kapolres lalu diterima Dandim/1402 Polmas, Letkol Arh Hari Purnomo dan kemudian diajak ke aula makodim.

Setelah itu, Dandim mengajak Kapolres untuk berkeliling naik becak dengan perwira Polres Polman yang bertindak sebagai pengemudi becak serta diikuti oleh anggota dari kedua satuan.

Mereka berkeliling kota menyusuri jalan Trans Sulawesi dan mendapat sambutan hangat serta tepuk tangan warga. Untuk diketahui, becak tersebut merupakan becak milik tukang becak yang biasa mangkal di samping Kodim.

Lebih lanjut, Kapolres menyatakan bahwa pemberian kue ulang tahun tersebut sebagai wujud penghargaan dan rasa simpatik mereka pada jajaran Kodim 1402 Polmas.

4. Kapolres dan Dandim Trenggalek saling menyuap

Kapolres dan Dandim Trenggalek saling menyuapi

 

Romansa kekeluargaan juga terjadi antara Polres Trenggalek dan Kodim/0806 Trenggalek. Puluhan anggota Polres Trenggalek, Jawa Timur membawa tumpeng dan kue ulang tahun, Jumat (4/10/2019).

Rombongan yang datang, dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak. Kedatangan puluhan anggota Polres Trenggalek lantas disambut oleh komandan Kodim 0806 Trenggalek beserta jajaran.

Lantas, komandan Kodim 0806 mengajak rombongan Polres Trenggalek menuju sebuah ruangan. Setelah sampai di ruangan tersebut, semua anggota polisi dan TNI yang berada di ruangan itu lalu dengan penuh semangat menyanyikan lagu selamat ulang tahun lalu dilanjutkan meniup lilin yang dilakukan oleh komandan Kodim 0806 Trenggalek. Suasana akrab nampak terlihat saat komandan Kodim dan Kapolres Trenggalek saling menyuapi kue ulang tahun.

Menurut Kapolres, kegiatan tersebut memiliki tujuan yakni untuk menjaga sinergitas TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban, terutama di Trenggalek Selain itu, juga dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun TNI yang ke-74.

Dikutip dari : kompas.com

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.